Thursday, December 3, 2015

Mempertimbangkan 4 Hal Sebelum berinvestasi



Berinvestasi adalah sesuatu yang dapat meningkatkan kekayaan kita. Uang yang kita investasikan dapat berlipat atau berkembang karena pengolhan oleh pihak lain yang membutuhkan dana dari investor. Sebagai balas jasa para pengusa akan memberikan pembagian keuntungan.
Tentu saja investasi adalah menguntungkan akan tetapi juga investasi dapat merugikan kita juga. Terkadang seorang yang sudah susah-susah mengumpulkan uang namun investasinya gagal untuk itu kita harus mempertimbangkan kekuatan keuangan kita .
Kalau mau berinvestasi kita harus memikirkan beberapa hal terlebih dahulu. Seperti yang Sefir Senduk ceritakan dalam artikelnya di NOVA 738/XIV. Ada setidaknya empat halyang kita perhatikan dalam berinvestasi:
1.       Memikirkan uang cadangan terlebih dahulu
Setiap keluarga atau invidu seharusnya mempunyai uang cadangan sendiri yang besarya sekiar 6 bulan biaya pengeluaran. Dana cadangan ini akan menutupi jika kita tiba-tiba membutuhkan dana dalam jumlah yang tidk sedikit. Nah,kalau ini saja belum cukup maka kita harus memenuhinya. Jangan kita taruh pad investasi yang tidak pasti .
2.       Investasi pada investasi bebas risiko seperti depsoito untuk menjamin uang. Tetapi saya sih tidak sreg dengan bunga deposito karena yah dilarang atau diharamkan dalam Islam. Mungkin kita bisa saja menyimpan hasil tabungan dalam bentuk emas yang tidak ad ribanya. Hanya saja emas ini berisiko karena emas bisa hilang karena dicuri oleh orang.
3.       BIla penghasilan dari usaha maka tawaran usaha baru berarti juga peluang yang baru. Asal anda bisa mengelola usaha tersbut berarti anda bisa menghasilkan uang yang lebih banyak. Kalau kita mempunyai usaha banyak ada kemungkinan kita akan lebih beruntung sebab jika satu usaha rugi mungkin usaha lain bangkrut.Tetapi tentu saja tidak menutup kemungkinan seluruh usaha kita bisa bangkrut semua.
4.       Penghasilan tidak terduga
Jika anda mendapatkan penghasilan tidak terduga lebih baik untuk kebutuhan terlebih dahulu. Anda juga dapat memenuhi  dana cadangan telebih dahulu. Jangan karena ada penghasilan tidak terduga kita langsung berinvestasi. Kita piker khan dana-dana seperti itu tidak dalam hitungan.

No comments:

Post a Comment