Thursday, December 12, 2013

Apa itu Perencanaan Keuangan?

Jika kita mau menulis sebuah arikel kita akan merencanakan untuk apa artikel itu kita buat. Kita juga harus merencanakan artikel ini ditujukan pada pembaca yang mana kalau pembaca yang terpelajar mungkin kita dapat menuliskan dengan kata-kata ilmiah sedangkan untuk orang awam mungkin kita harus menjelaskan dengan detail.
Sama halnya dengan perencanan keuangan. Kita hidup di dunia serba materi yang mengandalkan uang dimana-mana. Kalau kita tidak punya uang maka kita akan sulit untuk hidup. Ketika di kota kita harus menyediakan uang hanya untuk membuang air kecil saja. Uang memang dapat mendatangkan apa saja pada kita. Kita bisa membeli rumah yang besar dan bagus dengan uang.
Oleh karena itu, tiap manusia berlomba-lomba untuk mendapatkan uang dengan jalan bekerja atau menabung. Mereka bekerja dari siang hingga malam untuk mencapai kemakmuran yang disebut juga dengan uang. Setelah itu mereka menyimpan uang-uang tersebut tentu setelah mereka menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan hidup seperti makan, sandang, dan papan. Ketika manusia harus hidup mereka harus terus makan agar kehidupan mereka dapat selalu berjalan.
Kita sadari bahwa seorang tidak mungkin memiliki uang yang tidak terbatas bahkan seorang yang terkaya sekalipun. Kita memiliki kebiasaan atau aktivias masing-masing dalam mencari uang. Bagi pekerja mungkin mereka akan mendapatkan gaji dari perusahaan di tempatnya mereka bekerja dan bagi pedagang akan mendapatkan keuntungan dari usaha daganganya.
Seorang ibu yang biasanya bertgas sebagai manajer keuangan di rumah harus bisa mengatur uang untuk belanja harian, anak sekolah, bayar iuran rumah, listrik dan air. Jangan sampai kita selalu berhutang untuk memenuhi kebutuhan hidup yang akibatnya fatal bagi diri kia sendiri. Kita akan menjadi bangkrut dan cita-cita kita tidak akan kesampaian.
Untuk itu kita membutuhkan perencanaan keuangan yang akan membantu kita untuk menyediakan uang yang cukup untuk tujuan-tujuan hidup kita atau cita-cita kita. Kita mengusahakan dengan adanya sumberdaya yang terbatas dalam hal ini uang agar dapat memperoleh hasil yang semaksimal dalam hal ini cita-cita kita.
Dalam perencanaan keuangan kita akan menetapkan apa tujuan keuangan kita? Mungkin setiap orang akan bilang bahwa dirinya ingin mencapai kemakmuran atau menjadi orang kaya namun kebanyakan tidak bisa menjelaskan apa kekayaan itu sehingga mereka menjadi tidak fokus dalam mencapai kemakmuran tersebut.
Adapun alat yang penting dalam perencanaan keuangan adalah anggaran keuangan. Kita harus mempunyai pemasukan yang lebih dari pengeluaran kita. Jangan menjadi orang yang besar pasak daripada tiangnya artinya orang yang selalu menombok untuk keperluannya. Kita harus menekan  pengeluaran kita dnegan membeli apa saja yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan.
Kemudian untuk memuluskan perencanaan keuangan anda, harus menabung atau membuat asset yang anda miliki sekarang menjadi lebih banyak. Dengan demikian cita-cita anda akan bisa tercapai. Wallahu ‘allam bishowab.

No comments:

Post a Comment