Tuesday, December 17, 2013

Cara membuat tujuan keuangan

Masih binggung dengan cara membuat tujuan keuangan? Mungkin artikel ini akan sedikit membantu untuk membuat tujuan keuangan. Kita berangkat dari setiap keinginan manusia yakni ingin tercukupi dalam segala hal. Kalau mau kuliah ada duit, kalau sakit ada duit untuk berobat, kalau makan ada uang untuk beli nasi dan lauk.
Kemudian kita kalkulasikan kebutuhan tersebut maka kita akan mendapatkan berapa kebutuhan keuangan kita untuk tujuan keuangan kita. Untuk membuat tujuan keuangan kita bisa perhatikan seperti langkah-langkah dibawah ini :
1.    Buat daftar dari tujuan keuangan anda dibagi kedalam tiga jangka yakni jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang .
2.    Perkirakan setiap biaya tujuan
Kita tahu bahwa untuk memuluskan tujuan kita pasti ada biayanya baik biaya financial maupun biaya pengorbanan. Kita mungkin mudah memperkirakan biaya untuk tujuan jangka pendek karena biaya tersebut kita bisa perkirakan pada saat ini. Kita mungkin tidak meleset dalam memperkirakan jarak pendek sebaiknya kita akan kesulitan untuk menetapkan biaya jangka menengah dan panjang sebab kita harus memperkirakan kenaikan biaya serta inflasi. Contoh : kenaikan uang kuliah kadang bukan semata kenaikan harga barang melainkan juga kenaikan dari kebijakan rektor.
3.    Menentukan waktu
Hal ini cukup sulit juga karena kita harus menetapkan kapan kita selesaikan suatu tujuan. Jika kita tidak menetapkan suatu tujuan maka kita tidak akan pernah sampai pada tujuan itu. Kita selalu mencari alasan pembenaran untuk selalu menunda—nunda pekerjaan kita hingga kita tidak pernah mengerjakan tujuan kita. Kita beri tenggat waktu yang masuk akal misalnya lulus kuliah pada usia 22-23 atau empat tahun kuliah     
4.    Tentukan simpanan anda berdasarkan dari biaya dan waktu yang anda tetapkan. Semakin besar biaya dan semakin cepat tujuan yang anda ingin capai berarti anda membutuhkan simpanan yang banyak.
5.    Buatlah anggaran untuk mengelola tujuan anda.  Anggaran ini bermaksud dapat menyiapkan uang untuk tujuan keuangan anda. 

No comments:

Post a Comment