Tuesday, April 8, 2014

Menghemat pengeluaran Listrik



Listrik adalah salah satu komponen dari belanja rumah tangga terutama di daerah perkotaan. Hampir tiap hari kita membutuhkan listrik dari mulai mencuci, memompa air, penerangan di ruangan dan lain sebagainya. Untuk mencharger ponsel juga harus membutuhkan listrik.
Listrik sudah tidak bisa dilepaskan oleh masyarakat perkotaan. Kita tahu di sebuah daerah yakni Medan sering terjadi krisis listrik yang terjadi sejak tahun 2005 dan belum juga ada penyelesaian dari krisis ini. Pemerintah yang belum bisa menyediakan listrik dengan pembangkit yang ada jadi masalah. Peningkatan selalu terjadi karena masyarakat yang membutuhkan. Tetapi ada juga masyarakat yang selalu membuang listrik.
Perilaku masyarakat yang menyalakan lampu atau kipas seharian membuat persediaan daya listrik dari pembangkit menjadi kurang. Untuk itulah masyarakat juga dapat mengurangi konsumsi listrik walau sedikit. Hal ini juga akan berguna untuk mengurangi belanja kita. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghemat listrik:
1.       Matikan alat listrik yang tidak digunakan. Jangan membiarkan lampu nyala pada siang hari atau jangan biarkan TV menyala seharian yang akan menyedot tenaga listrik kita nyalakan televisi pada waktunya. Meski katanya ada TV yang hemat bukan berarti kita dengan bebas menggunakan televise. Kalau kita sedang mencharge alat elektronik atau ponsel, kita harus segera mencabutnya jika sudah penuh. Selain menghemat listrik, hal itu juga dapat mencegah kerusakan pada alat elektronik kita.
2.       Gunakan lampu hemat energy. Ada lampu hemat energy seperti TL yang penggunaannya lebih hemat daripada lampu pijar. Perbandingannya sangat besar sekali kalau kita mengganti seluruh lampu pijar dengan lampu TL.
3.       Buat konstruksi rumah yang baik. Hal ini akan menghemat pengeluaran listrik anda. Jika anda menggunakan banyak jendela dan kaca maka sinar matahari akan lebih banyak masuk ke ruangan anda dan anda tidak perlu lagi untuk menyalakan lampu pada siang hari. Sinar matahari juga lebih baik dari sinar lampu. Ada yang ekstreem dengan memasang kaca diatas atap agar langsung mendapat sinar matahari pada siang hari. Kalau mau memasangnya maka harus memperhitungkan kekuatan kacanya.
4.       Belilah alat-alat elektronik yang save energy seperti mesin cuci dan kulkas. Hal itu akan mengurangi sedikitnya jumlah rekening listrik. Memang alat-alat elektronik biasanya lebih mahal namun hal itu akan tergantikan dengan kelebihan mereka dalam menghemat energy. Lebih baik kita beli alat mahal namun perawatannya murah daripada memberli alat murah dengan bayaran listriknya lebih mahal.
5.       Penampung air. Untuk menyalakan mesin berkali-kali mungkin akan memboroskan listrik namun dengan menampung air setidaknya dapat mengurangi pemakaian listrik.
Dengan menghemat listrik maka kita juga membantu pemerintah untuk menyediakan listrik. Jatah yang kita hemat mungkin akan berguna bagi orang lain.

No comments:

Post a Comment