Thursday, August 20, 2015

Gaji hampir habis di tengah bulan ,ini cara mengatasinya?



Kalau kita sering merasakan gaji kita terlalu sedikit dengan tandahabis di tengah bulan maka itu berarti kita tidak bisamengatur keuangan. Terkadang ada yang gajinga 10 juta namun cepat habis sebelum akhirbulan , sebaliknya yang gai tiga juta masih bisa menabung tiap bualnnya sebsar setengah juta.Kecuali memang gaji yang terlampau kecil maka kitapun binggung untuk menentukan berapa simpanan kita.Misalnya 500 ribu atau sejuta saja.
Bagi yang merasa mau habis maka ada yang bisa kita lakukan adalah :
Sisihkan tabungan
Ada yang bilang 10% , ada yang bilang 15% bahkan ada yang bilang 60%, Semua itu bergantung dengan kemampuan dari individu masing-masing. Kalau pendapatansemakin tinggi maka ada kemungkinan presentase tabungan juga akan meninggi.
Buatkan anggaran
Kalau kita sering mengalami hal ini maka kita harus membuat anggaran. Pertama kita mencatat segala anggaran rutin pengeluaran kita termasuk bayaran listrik,air , gas dan lain-lain. Semua tagihan harus menjadi prioritas terlebih dahulu karena jika membiarkan saja maka tagihan akan semakin membengkak.Kemudian kita catat juga pengeluaran rutin kita seperti makan.Kita membutuhkan makan setidaknya tiga kali sehari.Kita bisa mencatat berapa belanja ke pasar dan berapa  makan di luar.
Keudian bendingkan antara pemasukan dan pengeluaran.Pengeluaran harus berada dibawha pemasukan. Kalau jumlah pengelaran lebih besar dari penerimaan maka sama saja kita harus menombokpengeluaran tiap bulannya. Yang terpenting adalah disiplin, ketika anggaran sudah dibuat maka kita harus mematuhinya.Janag belanja lebih dari yang kita anggarkan.
Prioritaskan Kebutuhan
Setiap keinginan orang tidak terbatas kalau sudah punya satu gunung emas maka masih mengingingnkan satu gunung emas lagi. Kalau kita ke pasar dengan uang yang banyak maka kita belum puas sebelum uang tersebut habis. Kita pasti memerlukan barang apa saja.  
Kita lupakan dulu berlibur,menonton,makan di luar, yang penting kita bisa membayar tagihan , makan dan membayar dana pendidikan. Kita juga harus menabung lebih banyak dan satu saat kita bisa menikmati hasilnya.  
Jangan Gengsi
Kadang kalau manusia selalu mengutamakan gengsi. Mau beli pakaian yang bermerek,segala atribut adalah bermerek. Padahal kita tidak akan mati kalau tidak memakai pakaian yang bermerk.Sebenarnya kualitas bernerk maupun tidak bermerk sama saja tergantung kitanya bisa memilih barang.

No comments:

Post a Comment