Friday, August 14, 2015

Mengelola Keuangan Setelah Lebaran

Sehabisa lebaran mungkin banyak yang merasa uangnya seret. Hal ini karena sudah banyak pengeluaran pada bulan Ramadhan . Kalau mudik, juga mengeluarkan uang yang lebih banyak lagi bisapuluhan juta.Ongkos mungkin tidak seberapa namun pengeluaran lainnya besar sekali.Kalau di sana khan kita butuh makanan juga dan biaya-biaya lainnya. Belum lagi biaya oleh-olehnya yang bisa besar sekali. Kita mungkin akan mengeluarkan biaya yang banyak lagi.
Bagi beberapa profesi seperti dosen dan guru mungkin lagi seret juga karena  tidak bekerja artinya juga tidak mendapatkan uang.Apapun yang terjadi kita juga harus mengelola keuangan tersebut.
Seharusnya kita sudah menyisihkan pengeluaran kita pada masa sebelumnya atau ramadhan. kalau logsinya orang yang berpuasa mengurangkan biaya makan namun yang terjadi kita meningkatkan pengeluaran di bidang makanan.Halini karena kita memasak bahan makanan yang beragam seperti kolak, dan buah-buahan.
Menurut perencana keuangan Ana Mariana di Republika, kita harus memikirkan juga kepentingan atau kebutuhan pada pasca Lebaran. Kita  harus mengehmat makanan kita,kita tidakperlu untuk belanja yang yang tidak kita butuhkan.Yang paling penting adalah disiplin, jika kita tidak menahan maka kita akan menjadi pemboros.
Jangan berfikir untuk meminjam uang karena hal itu sama sekali tidak membantu kita apalagi pinjaman tersebut memeakai bunga. Kita haru


Baca Juga
Anggaran Keuangan Rumah Tangga
Cek Kesehatan Keuangan

No comments:

Post a Comment