Sunday, November 8, 2015

Menabung Tanpa Riba itu seperti apa?



Kalau mau gampangnya saja Riba itu adalah bunga bank. Kalau ada yang bilang imbal hasilnya kecil dan tidak sebanding dengan kenaikan harga barang. Meskipun kecil tetapi tetap saja Riba. Riba bukan hanya bunga yang berlipat-lipat. Bunga yang tidak berlipatpun juga namanya riba.
Sebagaimuslim kita harus menghidanri riba karena dilarang oleh Allah. Pelaku riba akan diperangi oleh Allah dan Rasulnya ,suatu perang yang tidak akan pernah dimenangkan oleh mahluk ciptaan Allah. Sudah jelas bahwa bunga bank atau bunga dari lembaga keuangan adalah suatu riba yang sebisanya kita tidak makan karena akan berakibat bagi diri kita dan anggota keluarga kita.
Kalu kita menyimapn uang di tempat kita sendiri maka itu berarti bukan riba .Kita tidak akan mendapatkan bunga dari manapun.Tetapi kalau kita meminjamkan uang ada orang dengan janji akan mendapatkan persenan maka hal itu menjadi riba.Gampangnya kalau ada institusi yang memberikan hasil bunga maka itu tidka lebih dari riba.
Ada juga yang menabung di temat-tempat usaha degan hasil yang pasti misalnya usaha angkutan pokoknya rugi ataupun untung mereka akan mendapatkan 20% dari investasi ini. Semuanya adalah bagian dari riba yang harus kita hindari.
Ada juga beberapa investas seperti obligasi yang menjanjikan bunga yang tinggi. Tentu saja ini riba karena memberikan bunga pada si peminjamnya sama saja dengan riba.
Lalu kalau kita menyimpan tanpa hasil uang kita pasti akan berkurang? Pertanyaan ini sering kita pikirkan.Tentu saja nilai uang pasti akan berkurang. Kalau kita bisa mengumpulkan sejuta setahun ini maka untuk dua tahun ke depan harganya akan berkurang. Hal ini disebabkan inflasi yang menyebabkan harga menjaid naik.
Menabung mungkin hanya kegiatan untuk sementara saja sebelum kita menggunaka uang tabungan kita untuk beberapa keperluan yang sudah kita rencanakan. Misalnya kita akan membeli blender tahun depan maka kita bisa menggunakan uang tabungan tersebut untuk membeli blender.
Menimbun uang memang tidak baik karena secara perhitungan tidak akan menuntungkan. Kalau kita mau riba maka kita akan berdosa.

No comments:

Post a Comment