Thursday, November 19, 2015

Mengelola Gaji Bulanan dan Belanja Bulanan




Bagi yang mempunyai gajian atau orang yang gajian,mereka harus bisa mebgolah uang gajian tersebut atau kalau mereka tidakb bisa mengolah uang tersebut nanti akan kekuarangan. Kalau sudah menerima gaji di awal mereka sudah merasa memegang banyak uang sekali sehingga mereka membelanjakan segalanya dengan uang tersebut padahalkebutuhan banyak.
Catat Semua 
Kita perlu mencatat semua paa pengeluaran kita.Kita tdak bis amengadalkan ingatan saja. Kalau kita mengeluarkan hari ini biasanya   kita akan lupa besoknya. Catatlah perhari saja agar kita tida lupa atau kita bisa mencatat pas ada pengeluaran. Kita harus cermat untuk menghitung pengeluaran tersebut sampai ke hal yang kecil.
Kemudian kita meghitung pengeluaran bulanan kita yang tentunya berasal dari perhitungan seluruh pengelaran kita. Kita tinggal menjumlahkannnya saja. Tetapi ada kalanya pengeluaran kita yang hanya terjadi bulanan.
Kalau ada kebutuhan yang kita beli bulanan kita beli dalam jumlah banyak seperti tissue, kertas, sabun, shampo dan lain-lain. Tetapi kalau kebutuhan nya sedikit ma kita membelinya eceran saja.Kalau kita membeli yang segar maka kita membeliny sedikit saja seperti sayuran yang Cuma tahan sehari saja.Kita membelinya sesuai dengan kebutuhna kita.Kalau buah mungkin kita bisa menyimpannya dalam lemari es selama seminggu.

Biaya Operasioanl
Ini termasuk biaya rekening listrik dan air. Kita harus membayar ini di muka karena jika tidak kita bayar maka ini akan menjadi beban kita. Besoknya kita membayar dua kali serta kita juga harsu membayar dendanya.Sebelumkita gunakan uang gaji untuk yang lan-lain.
Kita juga harus memikirkan biaya tranpsortasi terutama kebanyakan orang gajian bekerja di luar rumah. Kalau jarak rumah ke kantor jauh maka biayanya semakin tinggi. 

Pengeluaran weekend
Kadang ada juga yang memnafaatkan weekend untuk mengunjungi suatu daerah.Tentu saja ada uang yang harus keluar untuk biaya transportasi dan makanan. Kalau kita merencakana tiap hari  pergi  maka akan lebih banyaklagi uang yang keluar.

Untuk mengelola saya kira tidakperlu kartu kredit karena akan menambah beban pengeluaran anda. Anda harus membayar bunga dan biaya administrasi kartu kredit. Bunganya sangat besar yakni sekitar 4-5% per bulan.

No comments:

Post a Comment