Tuesday, February 18, 2014

Keuntungan berinvestasi reksadana

Untuk apa kita berinvestasi? Jawaban dari pertanyaan adalah keuntungan. Harapan seorang investor uangnya akan bertambah banyak karena nilai assetnya meningkat dari ahun ke tahun. Kalau kia hanya menyimpan uang di kasur maka tidak ada peningkaan uang. Uang tersebut juga akan cepat rusak karena lecek.
Kalau menyimpan dalam reksadana uang akan meningkat lebih tinggi daripada jika kit amenyimpannya di tabungan atau deposito saja tetapi kita juga bisa merugi kalau nilai asset kita akan berkurang  bergantung dengan kondisi investasi kita. Uang yang ada di reksadana akan memberikan keuntungan yang dapat menunjang tujuan keuangan kita.
Biasanya reksadana pasar uang ini bisa memberikan keuntungan pada jangka pendek saja.  Oleh karena itu investasi ini cocok untuk tujuan jangka pendek atau tujuan yang kurang dari setahun. Misalnya kita mempunyai keinginan untuk membeli alat-alat elektronik atau gadget maka kita bisa saja menggunakan investasi ini.
Keuntungan dari investasi ini adalah investasi yang relative murah. Dengan uang 100 ribu, kita bisa berinvestasi pada reksadana. Entu saja kita bisa berinvestasi sampai jutaan bahkan sampai milyaran di reksadana karena semakin banyaknya kita berinvestasi maka semakin banyak pula kemungkinan kita memperoleh keuntungan yang besar. Hanya saja kalau sudha milayaran, investor akan menanamkan uang pada saham atau obligasi.

Manajer investasi mengelola reksadana dengan baik. Mereka akan membantu investor untuk menemukan invesasi yang memberikan hasil yang baik. Mmereka sudah mempunyai pengalaman yang lama dalam memberikan keuntungan yang baik.Mereka sudah mengenal saham saham mana yang baik bagi investor mereka. Sebaliknya seorang investorawam sulit untuk menemukan saham yang menguntungkan. Kalaupun ada kadang mereka menemukan berdasarkan dengan naluri mereka atau tebak-tebakkan mereka.  
Salah satu kelebihan berinvestasi di reksadana adalah bebas pajak. Kadang tabungan dan depsoito d bank harus membayar pajak jika mendapat bunganya yang disebut juga pajak bunga. Jika berinvestasi reksadana maka kita tidak perlu untuk membayar pajak.

No comments:

Post a Comment