Tuesday, February 18, 2014

Mencari penghasil uang bukan mencari uang



Kemarin penulis mendapat pelajaan yang penting untuk mendapatkan uang pertama dari radio, kedua dari  buku dan ketiga dari pembicaraan. Ilmu memang adalah sesuatu yang tersebar dimana-mana bukan hanya ada di dalam buku teks, lembaran Koran, blog dan website melainkan juga dalam perkataan manusia.
Dalam buku Stephen R. Covey (aku memang bacanya terlambat karena baru membacanya) ada tersebut bahwa kita sebaiknya menghasilkan angsa-angsa yang bertelur emas. Angsa-angsa inilah yang akan membuat anda lebih kaya. Paradigm yang kita cari adalah bukan uang melainkan apa yang menghasilkan uang tersebut.

“Bukan uang yang kita cari tapi apa yang menghasilkan uang”

Kalau kita hanya mencar uang saja maka uang tersebut akan segera habis. Siapa yang bisa menhana uang 100 juta bahkan satu milyar dalam sehari. Jika orang jahat yang merampok maka uang tersebut ludes begitu saja. Jika kita tidak mempunyai angsa yang menghasilkan emas kita tidak dapat lagi mencari uang tersebut.
Sementara orang yang bisa menghasilkan uang, dengan mudahnya ia bisa menghasilkan uang lagi. Kita mungkin tahun Abdurrahman bin ‘Auf yang sudah kehilangan perniagannya di Makkah   namun ia bisa menjadi orang yang kaya lagi di madina karena kemampuanyya dalam berniaga  maka ia bisa menjadi orang terkaya diantara para shahabatnya.

Dengan adanya angsa bertelur emas yang bisa jadi itu adalah keahlian kita sendiri maka hidup kita akan menjadi sejahtera. Kita tidak perlu mengumpulkan uang yang banyak namun kita harus membuat kita mampu mengumpulkan uang. Kalau kita dirampok , atau kita kerugian dlam investasi dan bisnis maka kita akan mendapatkan uang dengan mudah.
Hanya saja kita sadari bahwa kita mungkin tidak sehebat namun apa salahnya kita mencobanya karena  bisa jadi kita menjadi orang yang paling bisa menemukan angsa-angsa tersebut. Salah satu adalah dengan mengasah keahlian kita. Orang yang ahli pasti dicari oleh orang lain. Ini adalah investasi yang besar dalam hidup kita.kadang kita harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk bersekolah di universitas atau akademi. Memang kadang sebuah keahlian tersebut bukan didapat dari sekolah saja melainkan dari masyarakat pun bisa. Kalau kita ingin berdagang serigkali kita harus mencoba dengan berusaha terlebih dahulu taua dagang kecil-kecilan dahulu. Dari sana kita akan mendapatkan banyak pelajaran mengenai berdagang.
Pengorbanan waktu juga sering kita keluarkan untuk mencari keahlian tersebut.Kadang kita sudah beljar seringkali dan mencoba namun gagal juga, yang penting adalah kita berusaha dan terus mengambil jatah gagal kita hingga kita mendapatkan kesuksesan.yang paling penting lagi adaah kejujuran yang harus kita kedepankan. kalau kita tidak jujur maka orang tidak percaya dansemakin tinggi saja jurang kita mencapai kesuksesan.

No comments:

Post a Comment