Sunday, February 16, 2014

Reksadana Pasar Uang



Instrumen Pasar uang juga menjadi pilihan dalam reksdana pasar uang. Jangan bayangan kalau pasar uang adalah pasar valuta asing yang tempat terjadinya pertukaran mata uang asing. Pasar uang bukan berarti tempat berjualan uang melainkan investasi pada instrumen obligasi jangka pendek yang akan jatuh tempo pada masa atau tempo satu tahun kurang.
Meski reksadana ini menempatkan uang pada instrumen jangka pendek namun bukan berarti reksadana kita ini bisa cuma hanya setahun saja atau setiap tahun atau pada saat jatuh tempo saja. Kita bisa menanamkan uang  di reksadana dalam jangka waktu satu tahun, dua tahun atau bahkan lebih hal ini tentu juga bergantung dengan kemauan si investor.
Reksadana pasar uang juga tersedia dalam bentuk reksadana pasar uang syariah yang mengunakan investasi berbasis syariah. Ada juga surat hutang syariah yang memberikan imbalan dengan bagi hasil.Reksadana ini juga diminati bagi investor yang tidak menyukai riba.
Reksadana ini adalah sangat baik karena konon menghasilkan yang lebih baik dari depsoito namun ini rata-ratanya saja karena bisa jadi reksadana pasar uang bisa merugi. Kelebihan dari investasi ini juga bebas dari pajak hingga saat ini namun mungkin saja pemerintah akan mengenakan pajak pada invesasi ini. Oleh karena itu pendapat ahli menyebutkan bahwa investasi ini cukup baik untuk investor pemula.

No comments:

Post a Comment