Tuesday, October 20, 2015

Membuat Daftar Belanja Untuk Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga

KAlau sudha ke pasar dan membawa sejumlah duit maka biasanya uang itu akan habis. Kalau besoknya membawa uang dua kali lipat dari yang kemairn dan belanja ke pasar maka seluruh uang tersebut akan juga habis. Kalau kita tidak membuat catatan maka uang kita akan habis untuk belanja saja.
KAlau kita mau menghemat belanja maka sebaiknya kita mencatat seluruh daftar belanja kita. Kita harus tahu apa saja yang mau kita belanjakanan yang tentu saja semuanya harus berguna bagi diri kita sendiri.Kalau kita mau belanja semuanya maka kita tidakakan puas dengan uang yang sedikit saja.Oleh karena itu sebelum ke pasar kita harus membuat catatan apa saja yang mau kita belanja.

Bagi orang yang terbias untuk berhemat maka hal itu tidakmenjadi kesulitan karena mereka tidak berbelanja banyak.Ketika mereka sudah menemukan barang yang dicari mereka pulang saja.
Yang menjadi masalah adalah ketika ibu-ibu dihadapai dnegan diskon barang-barang tertentu dan ibu-ibu sudah ngiler saja dengan barang-barang tersebut. Memang barang-barang etrsebut bisa dipakai namun dipakai untuk waktu yang mendatang.Bisa jadi wadah-wadah plastik tersebut menjadi tidak terpakai ketika setahun kemudian dan artinya si bu membuat pemborosan.
Dengan adanya daftar maka mereka bisa disiplin dalam membeli barnag-barang yang hanya mereka butuhkan saja. Tidak sulit untuk membuat catatan kita tinggalmencatat jenis barang yang meu kita beli di sebelah kiric catatna danmenulis perkiraaan harganya di sebelah kanan.Jangan lupa untuk mencatat jumlah atau kuantitas.

 

No comments:

Post a Comment