Wednesday, October 7, 2015

Peluang Alternatif Usaha Mahasiswa




Sebagai mahasiswa juga sudah bisa menghasilkan uang.Untuk menghasilkan uang mereka bisa bekerja atau membuat usaha tertentu.Tidak semua orang mempunyai keinginan usaha karena setiap orang mempunyai bakat yang berbeda-beda. Jika mahasiswa ingin menghasilkan uang berikut ini adalah peluang usaha yang diungkapkan oleh perencana keuangan Safir Senduk (No859/XVI):
1.       Menjual Barang
Biasa namanya juga mahasiswa kadang mereka juga menjual beberapa barang seperti buku tulis dan buku bacaan.Penulis sendiri juga pernah menjual buku teks dan membelinya ke penerbit buku. Untung tidak seberapa namun ada kepuasaaan karena telah melaksanakan sunnah Rasulullah.
Kalau menjual barang-barang murah. Kita bisa menjual celana atau baju pada mahasiswa atau menjual kerudung pada mahasiswi. Mungkin untung tidak seberapa namun kita bisa menabung sedikit dari usaha tersebut.
2.       Menjual Keahlian
Setiap mahasiswa mempunyai keahlian yang mereka bisa jual. Kebanyakan mahasiswa menjual untuk mengajarin anak SMA dan SMP pelajaran matematika, fisika, dan kimia. Kalau anak ilmu sosial dan politik biasanya bisa menulis di surat kabar maupun tabloid. Jika ada yang ahli dalam bela diri seperti karate dan aikido mereka bisa mengajarkan kelas bela diri pada anak-anak maupun orang dewasa.Untuk mahasiswa ilmu computer maka mereka mempunyai peluang yang banyak karena mereka bisa membuat software yang bisa ditawarkan pada perusahaan atau instansi yang membutuhkan software tersebut.
3.       Membuka Usaha
Sewaktu kuliah ada seorang adik kelas yang membuka usaha foto copy. Mungkin karena orang tuanya mempunyai uang yang banyak maka anak tersebut bisa membuat usaha foto copy. Ada juga yang membuat usaha percetakan yang modalnya tidak perlu banyak. Asal bisa mendapatkan order saja maka mereka bisa berusaha. Bahkan usaha percetakannya masih ada hingga ia lulusan dari kuliah.
Banyak usaha yang bisa kita jalankan selama masa kuliah seperti laundry, jual alat tulis, rumah kost dan lain-lain. Dalam usaha ini mereka harus memperhatikan agar jangan sampai menganggu kuliah mereka karena kuliah mereka tetap adalah yang utama.
4.       Menjadi karyawan
Kampus juga membutuhkan mahasiswa sebagai pekerja mereka. Kita bisa menghubungi dosen untuk mencari proyek-proyek seperti proyek penelitian maupun proyek konsultasi. Kita bisa menjadi pembantu atau asisten dalam mengerjakan proyek-proyek. Jika anda rajin maka dosen akan memanggil anda jika ada proyek.
Selain itu, kita bisa melamar pada perusahaan atau instasi-instasi swasta yang memang membutuhkan pekerjaan paruh waktu.

No comments:

Post a Comment