Thursday, January 16, 2014

Kenapa perlu anggaran Rumah Tangga

Mungkin kita akan bertanya untuk apa repot-repot membuat sebuah anggaran rumah tangga? Anggaran rumah tangga justru sangat diperlukan bagi setiap rumah tangga yang mau mengatur keuangan mereka untuk mencapai kemakmuran. Anggaran akan membantu rumah tangga mengenai apa yang dibeli, disimpan atau diprioritaskan terlebih dahulu.
Jika kita terlalu tidak peduli dengan apa yang kita belanjakan maka kita akan cenderung boros dan menghabiskan seberapun uang yang kita miliki. Pada satu sisi kita akan membelanjakan uang namun ada sisi lain kita tidak mempedulikan terlebih untuk masa depan. Ada yang senangnya foyafoya pada waktu muda dan waku uanya tidak dipikirkan sehingga mereka menderita pada masa depannya atau masa tuanya.
 Anggaran adalah salah satu cara kita untuk mengevaluasi tujuan keuangan kita. Tujuan keuangan yang ka rencanakan dapat tercapai atau tidak. Kita bisa melihat apakah kita sudah persiapkan uang untuk investasi masa depan. Seperti kita ingin bersekolah lagi atau biaya untuk anak sekolah. Semua diperhitungkan dengan jelas. Kita perhitungkan  kira-kira beberapa tahun kedepan dengan nilai inflasi. Kita mungkin bisa menduga kapan biaya naik. Misalnya kita akan merencakanan uang sekolah anak kita lima tahun ke depan. Uang sekolah sekarang katakanlah lima juta maka kira-kira dengan tingkat kenaikan 10% maka kira-kira biaya untuk tahun depan adalah Rp 5 juta (1+0,1)5 hasilnya Rp 8.052.550 maka uang yang harus disipakn sekitar 8 juta lebih.
Dengan adanya anggaran kita akan mengukur apakah kita harus mengumpulkan uang atau menggunakan untuk keperluan lain. Hal ini tentu penting sekali karena kita tidak ingin uang kebanyakan menumpuk di satu pos saja. Kita memang wajib menabung untuk meningkatkan kesejahteranaan namun jika hanya   menabung saj ahal itu tidak akan memberikan manfat. Uang yang tertanam tidak bisa berkembang bahkan ada kekhawatiran barang ter

No comments:

Post a Comment