Saturday, January 18, 2014

Menganggarkan keuangan rumah tangga dengan amplop

Mungkin anda menyimpan amplop bekas banyak sekali. Amplop itu mungkin berasal dari banyak surat undangan, surat tagihan, surat pemberitahua dan lain-lain. Amplop-amplop tersebut mungkin jangan langsung dibuang karena berguna untuk mengatur atau menata keuangan rumah tangga anda.
Berbekal amplop anda bisa membuat anggaran keuangan rumah tangga. Anda bisa lakukan adalah merapikan amplop tersebut dan kemudian menamai amplop-amplop tersebut dengan nama pengeluaran rutin anda. Misalnya ada amplop makan, transprtasi, uang sewa, hiburan, pakaian, dan lain-lain bergantung dengan keuangan anda.
Dalam amplop tentu diisi dengan uang kas yang anda telah sepakati dalam anggaran atau dicatat dalam anggaran anda. Jangan sampai ketukar antara satu pos dengan lainnya misalnya pos makan jangan sampai tertukar dengan pos pakaian karena perbedaaan nya cukup mencolok. Pos makan biasanya lebih besar pada mayasrakat menengah ke bawah daripada pos pakaian kalau nanti tertukar maka salah satu sisi anggaran dalam hal ini makan akan tidak tercukupi.
Tentu saja dalam membuat anggaran dengan amplop anda tetap harus mencatat keseluruhan anggaran anda karena jika tidak anda bisa tekor. Pertimbangkan juga penerimaan yang anda terima bulan ini atau periode terkini. Anggaran anda harus tdituliskan dalam selembar kertas atau dengan spreadsheet excel.
Amplop-amplop yang kia masukkan harus disimpan ke tempat yang kita kira aman. Jangan sampai orang yang nakal mengetahui letak amplop anda.
Dengan adanya amplop kita bisa menjadi mengonrol sikap kita dalam berbelanja. Ketika kita mau beli pakaian kia membuka amplop dan uang tinggal sedikit mungkin kita akan membatalkan nia membeli pakaian. Jangan mencoba untuk menambil amplop lain untuk keperluan lain karena hal ini akan membuat pengeluaran anda akan menjadi lebih besar.
Rasa disiplin harus diegakkan dalam anggaran dengan amplop atau mereka akan tekor. Sebaik anggaran yang dibuat tanpa adanya komimen yang kuat maka akan gagal.
Tentu saja penganggaran dengan amplop bukan berart anpa kekurangan. Dengan ada anggaran dalam amplop kita harus mempunyai kas yang cukup di awal bulan. Mungkin ini kurang cocok bagi orang yang mempunyai penerimaan harian. Jika yang mempunyai penghasilan harian mungkin harus mengumpulkan sejumlah uang pemasukan untuk dianggarkan satu periode ke depan atau satu bulan ke depan.
Bagi yang uangnya selalu berputar seper pedagang mungkin menaruh uang lama di dalam amplop tidak menguntungkan karena mereak harus memutar uang untuk menghasilkan uang lagi. Jika memang dirasa anggaran ini kurang cocok makabisa menggunakan anggaran dengan cara lain.

No comments:

Post a Comment