Wednesday, September 23, 2015

Kiat bertahan pada saat Dollar Naik



Tidak terelakkan dollar sudah naik hingga sampai 14.000 dan tidak ada jaminan akan dollar yang turun kembali. Naiknya dollar bukan tidak akan terhenti di kisaran 15.000 melainkan akan bisa meningkat lagi sampai 15.000 atau bisa lebih buruk lagi.
Akibat dollar meningkat, nilai rupiah turun yang menyebabkan kita harus membayar lebih daripada sebelumnya. Anehnya lagi kita tidak merasakan  kenaikan barang-barang pertanian yang pada saat krisis 1998 justru  harganya meningkat. Mungkin menurunnya rupiah tidak bisa dinikmati oleh mereka pada saat ini. 

Kalau kita harus membuat beberapa pengaturan keuangan kita
1. Memperketat Pengeluaran
Kita harus membeli yang kita perlukan saja. Ingat pada bab kebutuhan versus Keinginan. Kalau keinginan kita tidak mempunyai batas.
2. Menghentikan pembelian barang bersifat konsumtif. Kalau kita membeli radio untuk mendengarkan pelajaran its ok karena hal itu adalah suatu yang produktif. Kita bisa mendapatkan pengetahuan baru melalui radio kita tersebut. Tetapi kalau cuma untuk mendengar musik maka itu menjadi suatu keinginan saja.
3. Merubah gaya hidup (Lifestyle)
Kalau kita selalu mengikuti gaya maka kita akan tekor terus mengikuti gaya hidup kita. Kita harus mengurangi pengeluaran ke mall yang sering menghabiskan uang yang banyak.
4.Menggunakan hemat energi, air dan gas
Kita bisa menggunakan lampu hemat energi untuk menekan pembayaran listrik. Berhemat air dengan menggunakan air dua kali. Misalnya, air cuci piring atau bilasan kita bisa gunakan untuk melap jendela atau untuk menyiram tanaman.   
5. Melunasi hutang
Hutang yang mempunyai bunga maka akan meningkat seiring dengan naiknya nilai dollar. Pelunasan kartu kredit harus segera dilakukan dan kalau bisa kita tinggalkan saja kartu kredit.
6. Menabung
Meski sesempit apapun kita menabung. Kita akan mendapati hasil tabungan akan membantu kita menghadapi krisis. Kita mengalokasikan uang didepan agar kita bisa menabung terlebih.
Kalau kita bisa menghasilkan uang untuk menutupi kekurangan hal itu menjadi lebih baik lagi. Dengan demikian kita tidak perlu mengetatkan ikat pinggang dengan ketat sekali.  Sayangnya, menghasilkan uang di waktu dollar naik bukanlah hal yang mudah juga.

No comments:

Post a Comment