Monday, September 21, 2015

Menabung Tanpa Tujuan



Mungkinkah ada yang menabung tanpa tujuan? Yah,mungkin saja.Mereka menyadari bahwa tabungan itu berguna sehingga mereka menabung hanya saja mereka tidak mengetahui untuk apa tabungan mereka. Mereka hanya mengumpulkan recehan-recehan tersebut di suatu tempat.
Tidak mungkin ada yang mendrong orang untuk berbuat selain ada dorongan. Mereka mau menyimpan karena menabung itu berguna. Sayangnya mereka tidak bisa menetapkan tujuan karena bisa jadi mereka mempunyai penghasilan yang besar sekali. Tidak seperti orang yang kekurangan pasti mereka menabung untuk menutupi pengeluaran yang tidak terduga atau istilah kerennnya emergency fund.  
Meski kita memiliki segalanya, tidak adasalahnya kita juga harus mempunyai tujuan untuk menabung. Kalau kita tidak mempunyai tujuan kita tidak akan bersemangat dalam memgumpulkan uang atau menabung. Mereka piker tidak ada yang dikejar sehingga mereka bisa berjalan santai . Kalau mereka sudah menetapkan target maka mereka akan buru-buru untuk mengejar target. 

Setiap orang pasti mempunyai tujuan yang harus mereka wujudkan. Kita mulai dari pengeluaran kita. Kalau kita sudah bisa untuk memenuhi kebutuhan kita maka kita bisa beranjak pada hal yang lain . Kita membutuhkan pendidikan dan saat ini pendidikan sangat mahal sekali terutama pendidikan yang berkualitas. Kalau  kita hanya mengandalkan penghasilanmaka kita tidak akan mampu menjangkaunya.
Kalau tanpa tujuan, kita akan terlena untuk tidak menyimpan uang. Kita merasa bahwa uang ratusan juta saja atau milyaran sudah mencukupi kehidupan hingga pension. Tidak ada usaha yag kita lakukan lagi selain duduk saja. Padahal uang yang banyak tidak akan menjamin kehidupan kita masa depannya. Uang mudah sekali terkena imbas dari inflasi. Kalau inflasi terjadi nilai uang bisa turun bahan bisa berkali-kali lipat.
Penting bagi kita untuk membuat uang-uang tersebut menadi penghasil uang yang baru. Uang dalam bentuk modal usaha akan menghasilkan uang yang baru lagi dan uangnya akan bertahan.usaha memang berisiko yang berarti akan menghasbikan uang anda tapi kalau tidak berusaha juga uang akan habis terkikis oleh inflasi yang tinggi.  

Anti Mainstream Hadapi Krisis
8 Ide Mencari Penghasilan Sampingan 

No comments:

Post a Comment