Monday, September 14, 2015

Menabung Untuk Qurban



Menjelang Idhul “Adha,  kaum muslim mencari hewan Qurban seperti biri-biri,kambing, dan sapi. Mungkin kalau kerbau jarang digunakan sebagai qurban.
Harga hewan qurban untuk seekor kambin sekitar 3 jutaan saat ini. Kambing dengan besarana yang cukup. Kalau untuk sapi kita bisa mengeluarkan belasan juta untuk tujuh jiwa.Kita juga bisa bareng bertujuh orang untuk membeli sapi.
Bagi yang mempunyai kecukupan uang mungkin tidak masalaha ketika membeli hewan qurban. Tapi bagi mereka yang serba kecukupan maka kita harus mengatur keuangan.
Kalau kita sanggup untuk merokok sebungkus sehari mengapakita tidak menyishkan untuk berkurban.Kalau sehari bisa menyimpan sekitar 12 ribu maka sebulan bisa mengumpulkan 360 ribu rupiah atau dalamsetahun bisa mengumpulkan 4.320.000. Jumlah ini melebihi untuk berkurban dan uang kurbannya dapat kita simpan untuk keperluan yang lainnya.

Sayangnya kita memang sulit untuk memprioritaskan ibadah qurban. Kadang memang uang kepakai untuk keutuhan yang lain.Kita maerasa belum mampu untuk berqurban.
Kalau kita mau menabung dalam jumlah 200 ribu saja maka setahun akan mendapatkan 2,400,000 dan itu sudah bisa mendapatkan satu hewan qurban yang lebih kecil.
Kadang prioritas kita memang banyak sekali sehingga biaya qurban ini diabaiakan.Priritas seperti menyimpan dana cadangan, keperluan sekolah anak,    pendidikan dan biaya makan serta lain-lainnya.
Kadang kita malu dengan orang miskin yang bisa berkurban. Seorang pemulung mengumpulkan uang sedikit demi sedikit untukmembeli hewan qurban . Ia menyisihkan uang dari penjualan barang bekasnya untuk membeli hewan qurban.
Kalau kita mempunyai pekerjaan yang tetapdan besar, tidak ada alasan kita untuk meninggalkan qurban. Kita menyisihkan uang Sedikit demi sedikit dan jangan ambil uang itu untuk keperluan yang lain.
Hewan qurban juga akan naik karena faktor inflasi. Perhitungkan saja kalau tingkat inflasi meningkat sebesar 10% maka harga kambing untuk tahun depannya berkisar 3.300.000.maka kita harus menabung setidaknya 300.000 kurang dalam sebulan.  Kalau mendpat suatu penerimaan yang tidak terduga maka kita bisa menggunakan uang tersebut untuk membeli hewan qurban.

Baca Juga
Apa itu Side Jobs
Menabung untuk berhaji

No comments:

Post a Comment