Saturday, September 5, 2015

Kenapa Tidak menabung?



Kita sudah mengetahui bahwa menabung mempunyai segudang manfaat bagi para penabungnya. Anehnya banyak orang yang tidak mengetahuinya. Ada juga yang sudah mengetahui manfaat menabung namun belum juga terdorong untuk menabung. Mereka mempunyai alas an tertentu karena tidak bisa menabung. Beberapa alsannya adalah:


1.       Penghasilan Kecil
Bagaiamana mau menabung? Wong penghasilan saja hanya mencukupi untuk makan dan kadang harus berhutang.   Meski penghasilan sekecil apapun kita harus bisa menabung tiap bulannya.Mungkin kalau seribu sebulan mengapa kita tidak mulai dengan hal itu. Jika kita bisa meningkatkan pendapatan maka itu lebih baik lagi. Dengan demikian kita bisa menabung.

2.       Boros
Kalau penyakit ini harus disembuhkan terlebih dahulu borosnya. Ia harus memilah-milah mana yang perlu dan  mana yang Cuma keinginan. Seberapun gaji anda, anda tidak akan bisa menabung. Untuk mengatasi adalah mengurangi pengeluaran yang tidak penting seperti jalan-jalan, makan diluar, beli gadget mewah, pengeluaran hobby dan lain-lain.

3.       Tidak ada niat
Kalau tidak ada niat yah susah sekali. Mereka harus kembali pada jalan yang benar untuk menabung. Mereka harus sisishkan tiap bulannya agar  mengisi . Alasan seperti ini juga sulit sekali dan harus memahami kembali apa maksudnya untukmenabung yang akan member manfaat.

4.       Merasanya Nyaman
Kalau ada anak orang kaya mungkin tidak akan merasakan pernahnya kekurangan uang. Begitu mereka minta uang maka uang ada di hapadapan mereka. Untuk keperluan buku, jajan sekolah, uang transport sudha bisa merekadapatkan.Mereka pikir uang sekolah atau kuliah nantinya bisa dipenuhi oleh orang tua mereka.
Anak ini juga mendapatkan biaya dari saudara-saudara dan familynya. IA tidak pernah berpikiran menabung apalagi jika tanah orangtuanya luas sekali.
Akibatnya uang terus habis dan kadang kalau uang yang lebih mereka tidak tabungkan. Mereka juga tidak meminta untuk menabung.
Mereka harus sadar bahwa kekayaan sementara dan mereka juga harus sada tidak sepuhnya tergantung dari orang tuanya.

5.       Menabung Riba
Kalau kita menabung di bank konvesndional yah jelas riba.Menabung bukan hanya di bank semata.Kita bisa menggunakan celengan untuk mengumpulkan recehan atau kita bisa menaruh uang kertas di lipatan buku. Kalau kita sudah mendapatkan uang banyak bisa kita gunakan untuk beberapa keperluan. Kalau kita mau yang halal kita bisa menyimpan dalam bentuk emas dan asset.

Baca Juga:
 

No comments:

Post a Comment