Tuesday, September 15, 2015

Manajemen Penghasilan Tidak Terduga

Siapa yang gak senang kalau mendapatkan penghasilan yang tidak terduga. Kita tentu akan senang kalau menerimanya. Tiba-tiba perusahaan minuman ringan mengirimkan surat bawa kita memenangkan satu kilogram emas. Uang sebesar itu sangat besar sekali dan bisa kita gunakan untuk membeli satu unit mobil mewah.
Bagi yang mempunyai pekerjaan sampingan juga, kadang kita menerima penghasilan yang tidak terduga. Kalau penulis yang honornya dibayar oleh penerbit.Seorang  pedagang atau sales menerima pembayaran atau persenan.Kadang kita menerima uang dari hasil yang tidak terduga.
Kalau menerima penghasilan di luar yang kita duga, yang kita bayangkan adlah kita mentraktir tema-teman. Berbagi rasa syukur dengan teman sah-sah saja. 


Kadang kalau ada sudah obyekan teman-teman memang sudah minta dijanjiin untuk mentraktir. Seperti penulis yang harus berjanji kalau dapat sertifikat dan uangnya sudah keluar.Aku mau saja arena saya pikir untuk uang sertifikat yang pertama saya harus merayakan kemenangan untukmendapatkan sertfikat saya.
Uang ini juga sangat penting bagi kita karena bisa jadi uang ini dapat membantu kita menutupi pengeluaran yang belum tertutupi.Uang ini juga bergua untuk membeli sesuatu yang sudah kita rencakanan terlebih dahulu.Misalnya kita sudah merencanakan untuk membeli sepatu namun kita belum juga membelinya. Mungkin juga kita masih punya hutang. Kalau kita memang hutangnya banyak maka semua uang penghasilan tidak terduga kita alirkan ke hutang kita. Hal ini akan mengurangi beban pengeluaran berupa cicilan hutang dan bunga kita tiap bulannya.Kita juga akan merasa tentram kalau hutang kita terlunasi.
Kalau kita tidak tahu untuk mau kemanakan maka kita bisa menyimpan untuk masa depan. Ini terjadi kalau uang kita memang sangat kelebihan atau kalau kita menerima uang yang dalam jumlah besar tiba-tiba sehingga kita tidak mau kemanakan uang kita.
Saya rasa kita semua dulunya mempunyai keinginan bahkan sebelum uang itu ada. Kita bisa memenuhi dulu kebutuhan kita dan jika memang kita sudah memenuhi kebutuhan kita maka kita tinggal memenuhi keinginan kita. Jangan lupa juga sedekah dari penghasilan yang tidak terduga tersebut.

Baca Juga
Pentingnya Memiliki Asset 
Tips Memilih Perencana Keuangan 
 

No comments:

Post a Comment