Monday, September 7, 2015

Menabung Tanpa Riba



Salah satu alasan mengapa saya tidak menabung adalah karenariba. Orang banyak menabung di bank-bank konvensional yang berbasis riba.DUlu pikiran saya,setelah menaruh uang dalam celengan maka kita harus memecahkan dan membawanya ke bank.Kalau di bankakan mendapatkan imbalan bunga yang tidak lebih dengan riba atau sama dengan riba hanya beda istilah saja.   
Riba ini adalah dosa yang sangta besar dan dosanya melebihi dari berzina dengan ibu kandung sendiri.Saya yakin juga banyak orang Islam yang takut dengan riba. Oleh karena itu berdirilah bank syariah yang tidak menggunakan system Riba (inipun bagisebagian orang Islam merupakan bagian dari riba karena ada bank syariah bekerja mirip seperti bank konvensional).
Hal ini mmebuat kita tidakmempunyia tabungan.Untuk itu kita bisa meggunakan alternative untuk menabung. Adapun pilihan menabung adalah:
1.       Tempat sendiri 
      Dengan menggunakan celengan.Kita bisa masukkan koin atau receh dalam tabungan.Jangan uang kertas sebab uang kertas akan cepat rusak. Kalau sudah banyak, kita bisa tukarkan di pedagang,pedagang grosisr atau bank kalau jumlahnya banyak. Kelemahan ini uang yang kita simpan tidak berharaga jika inlfasi yang meningkat. Solusinya kalau sudah banyak,kita belikan asset atau kita gunakan saja.
2.        Emas
Kebiasaan orang lama menyimpan dalam bentukemas yakni perhiasan .Kalau mereka perlu mereka menjualnya untuk anak sekolah, kalau ada yang sakit atau kalau ada yang mau nikahan maka emasnya dijual terlebih dahulu. Emas adalah logam yang stabil dan tahan banting terhadap tingkat inflasi. Kelemahan emas prhiasan adalah adanya potongan karena biaya jasa untuk membentuk perhiasan emas tersebut.  Banyak orang yang menggunakan emas batangan sebagai alat untuk menabung.
3.       Membeli asset
Kalau sudah terkumpul banyak uang, kita dapat memanfaatkan uang tersebut untuk membeli asset terlebih asset-asset yang dapat memberikan penghasilan pada kita.Minimal asset-asset tersebut tidak turun harganya di masa depan. Tanah merupakan pilihan yang baik untukmenyimpan atau menabung. Harga tanah tidak pernah turun dalam sejarahnya dan selalu menarik. Hanya saja tanah akan menurun kalau menjadi sengketa atau seringkali terjadi bencana seperti banjir atau gempa. Selama tanah tersebut utuh harga tanah akan selalu naik.
4.       Membuka usaha
Membuka usaha sama saja dengan menyimpan uang.  Kita dapat membuka usaha baik kecil atau menengah untuk mendapatkan keuntungan. Hasil dari buka usaha ini dapat memberikan penghidupan bukan hanya untuk kita namun untuk masyarakat sekitarnya. Kalau menabung dalam bentuk usaha harus kita ingat bahwa tabugan tersebut juga bisa hilang kalau usaha kita bangkrut.

Baca Juga :

No comments:

Post a Comment