Sunday, September 13, 2015

Menyimpan untuk dana cadangan



Jika kita sudah menyiapkan anggaran untuk belanja kehidupan sehari-hari. Kita sudah menghitung berapa untuk makanan. Kita juga menempatkan pos uang untuk pakaian  yang kita beli untuk tiga bulan sekali. Hanya saja terkadang ,harga-harga naik. Terlebih keadaan perekonomian yang sudah tidak menentu ini. Harga ayam bisa naik kalau lebaran dan kadang petani tidak panen harganya juga meningkat.
Kalau kita tetapbelanja dengan kuantitas yang sama maka, penulis yakin maka jumlah uang belanja akan meningkat. Sementara pendapatan tidak meningkat sama sekali. Kalau demikian kita harus menggunakan uang cadangan kita atau tabungan kita. Kita bisa menutupi pengeluaran tersebut.
Seringkali terjadi bahwa pengeluaran meningkat. Hal ini karena kita baru membuat anggaran sehingga kita tidak mengantisipasi adanya perubahan pad auang belanja kita. Kalau kita bisa memperkirakan kenaikan dan biasa mencatat maka hal ini tidak terjadi. 

Tetapi meski kita ahli dalam menghitung dan memperkirakan pengeluaran, kita tidak akan bisa memperkirakan pengeluaran yang keluar. Contohnya kalau anak sakit maka siapa yang bisa memperkirakan anak sakit.  Kita tidak tahu dan meperkirakan anak kita sakit. Maunya khan anak kita selalu sehat. Kita jaga dengan makanan-makanan yang bergizi dan bervitamin. Kita menjaganya dari kepanasan dan kedinginan namun tetap saja kita terserang sakit. Untuk itulah ada dana cadangan yang kita perlukan.  
Dana cadangan ini berasal dari uang lebih kita. Kalau kita mendapatkan bonus, tips,  atau penghasilan dari tempat lain maka kita dapat menyimpannya sebagai dana cadangan. Dana cadangan ini besarannya enam kali pengeluaran rutin kita. Misalnya kalau sebulan kita menghabiskan tiga juta berarti dana cadangannya besaran sekitar 18 jutaan.
Kalau kita bisa menghemat dari bayaran listrik atau air, kita bisa masukkan uangnya ke dalam dana cadangan. Jangan lupa juga kembalian dari pasar atau supermarket mungkin bisa membantu anda untuk menumpuk dana cadangan
Kita niatkan menabung tiap bulannya untuk dana cadangan ini. Jangan sampai uang yang dana cadangan ini habis karena akan menganggu kestabilan keuangan kita.
Kalau kita menggunakan uang ini maka kita harus mengisinya terus karena kalau kita gunakan terus maka kita akan kehabisan cadangan.

Baca Juga:
Kenapa Tidak Menabung
6 Kesalahan Mengatur Anggaran Rumah Tangga

No comments:

Post a Comment